Skripsi Itu…

Perjuangan menaklukkan diri sendiri.
Bagaimanapun juga, diakui atau tidak, banyak dari kita yang gagal menyelesaikan skripsi karena tidak mampu mengalahkan diri sendiri. “Ah, lagi ga mood nih…” kira-kira kata-kata ini yang sering terlontar dari dalam perasaan kita. Taklukkan diri-mu sendiri dan tulis skripsi.
Potret diri penulisnya saat bekerja mandiri.
Jika kehidupan sehari-hari kita tidak teratur, hampir bisa dipastikan skripsi kita amburadul jadinya. Istilah kata, ada kemajuan tidak, mundur juga tidak. Stuck! Yang patut dikhawatirkan adalah saat nanti setelah kita lulus dan bekerja mandiri. Jika dari sekarang kita sudah tidak bisa melatih diri agar mendisiplinkan diri, tidak ada jaminan buat kita bisa disiplin di masa depan.
Menuntut kita berkarya.

Banyak dari kita yang apabila ditanya, “Apa kabar skripsi?” jawaban kita adalah baik-baik saja, sama seperti kemarin. Skripsi itu menuntut kita untuk berkarya, bekerja. Jika kita menundanya, maka dia tidak akan selesai-selesai. Remember! Menundanya berarti mengakumulasi rasa sesal di masa mendatang.
Membuat kita belajar.
Skripsi itu secara tidak langsung menuntun kita untuk belajar. Jika selama masa kuliah di suruh dosen untuk membaca buku susahnya minta ampun, kalau ngerjain skripsi mau ga mau perpustakaan akan jadi destinasi utama. Mas bro dan Mbak Sist, nikmati aja prosesnya, pasti menyenangkan dan bermanfaat.
Mengajari kita untuk jujur.
Skripsi yang seperti apa yang dapat membuat kita tenang seumur hidup? Jawabannya adalah skripsi yang kita buat dengan cara jujur, tanpa mencontek apalagi plagiat punya orang. Untuk menghindarinya gimana? Tanya aja sama pembimbing skripsimu… hehe. Intinya, mari kita selesaikan skripsi dengan cara yang baik.
Harus diselesaikan.
Bagaimanapun juga, skripsi yang baik adalah yang selesai. Tak peduli sehebat apapun gagasan kamu, kalau skripsi itu tidak selesai pasti akan membuat banyak orang kecewa. Ga mau tho ngebuat orang-orang yang selama ini mendukung kamu kecewa? Jangan ditunda, karena skripsi itu akhirnya harus diselesaikan juga. Mumpung waktunya longgar, ayo kerjakan.

Tulisan ini diilhami oleh twit Pak Anis Baswedan yang saya dapat dari sebuah blog. Sekarang ini saya sedang berjuang melawan diri saya sendiri agar bisa menyelesaikan proposal skripsi saya. Saya doakan kalian yang menemui tulisan ini dan sedang mengerjakan skripsi, semoga skripsinya diberi kelancaran dan kemudahan. Doakan saya juga ya? Ga mau? Ga apa-apa… Semoga Allah membalas saya, karena telah menulis tulisan ini, dengan kemudahan dan kelancaran dalam menyelesaikan tugas skripsi saya.  

SHARE ON:

Hello guys, I'm Tien Tran, a freelance web designer and Wordpress nerd. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae.

    Blogger Comment

0 comments:

Posting Komentar