Ilmu itu Penting

Sewaktu kemarin berkunjung ke perpustakaan kampus, aku menemukan sebuah buku yang mengisahkan suramnya kondisi pendidikan Indonesia saat ini. Aku belum selesai membaca semuanya, tapi setidaknya aku sudah bisa membaca arah bahasanya. Inilah yang menjadi sumber inspirasi untuk tulisan kali ini.

Oke, let’s talk about school first. Buatku sekolah itu penting! Bagi orang-orang yang mengatakan sekolah itu tidak penting, mungkin selama sekolah pikirannya tidak benar-benar ada bersamanya. Kebanyakan dari mereka hanya jasadnya yang duduk manis di bangku, tapi pikirannya melayang kemana-mana. Al hasil, mereka merasa tidak mendapatkan apa-apa dan pada akhirnya mengatakan, “Ngapain repot-repot sekolah? Ngga dapet apa-apa. Ngabisin duit aja!”. Saat mereka dinyatakan lulus, mereka memilih untuk bekerja untuk mendapatkan gaji. Mungkin… bertujuan untuk menutup modal yang sudah terpakai selama sekolah. -_-'
masjur09.blogspot.com

Sekali lagi, buatku sekolah itu penting! Sekolah itu bukan ajang untuk lulus (mendapatkan ijazah) dan mendapatkan kerja yang layak di masa depan nanti. Jika tujuannya hanya untuk mengejar ijazah dan pekerjaan, kenapa harus sekolah tinggi-tinggi? KKN aja! Kan sudah jadi budaya di tempat kerja? Ada sesuatu yang lebih berharga di atas semua itu, shob. Sesuatu yang berharga yang bisa membuat kualitas hidup kita menjadi lebih baik, yaitu ilmu.

Tuhan yang Maha Pengasih sudah menjamin akan menaikkan derajat orang yang berilmu. Derajat disini menurutku bukan hanya di hadapan Tuhan saja, tapi juga di hadapan manusia. Memang kenyataanya orang yang berilmu sering kalah dengan orang yang berduit dalam beberapa persaingan. Contohnya, saat ikut tes jadi pegawai negeri, yang berduit ‘katanya’ berkesempatan lebih besar daripada yang pinter. Tapi, aku yakin kalau orang yang berilmu itu jauh lebih unggul di banyak bidang lainnya.
Jika Anda menghendaki dunia, raihlah ilmu!

Jika Anda menghendaki akhirat, raihlah ilmu!

Jika Anda menghendaki keduanya, raihlah ilmu!

(Quraish Shihab)
Orang yang berilmu takkan pernah rugi karena ilmunya. Berbanggalah bagi kalian yang sedang berjuang untuk ilmu. Mulailah dengan menyebut nama Tuhan, semoga Dia memudahkan langkahmu.

SHARE ON:

Hello guys, I'm Tien Tran, a freelance web designer and Wordpress nerd. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae.

    Blogger Comment

0 comments:

Posting Komentar