Observasi sebagai pembekalan awal kami.

           Pada tanggal 19 - 22 Oktober 2010 aku dan teman-teman satu angkatan melakukan observasi di SDN Mentas 02 Pagi. Kami sebagai mahasiswa jurusan pendidikan yang notabene sebagai calon guru, telah mendapatkan bekal untuk nantinya kami terjun ke masyarakat (sekolah). Bayak sekali pelajaran yang kami dapatkan di sana, karena waktu itu kami bisa merasakan keberadaan kami disana sebagai pengamat bukan lagi sebagai siswa. Dalam satu kelompok, waktu itu terdiri dari 7 orang. Selama kami disana kami mendapat bimbingan dari Bapak Subur, SPd.

Adapun hal-hal yang telah kami dapatkan di sana adalah sbb:

Temuan dari siswa

       Sesuai dengan observasi kami, situasi kelas pada saat pelajaran sedang berlangsung adalah tertib. Sebagian besar siswa mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mengerjakan tugasnya dengan baik. Tapi ada juga sebagian siswa yang belum bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Meskipun demikian, pelajaran yang sedang berlangsung tidak tertanggu. Karena mereka hanya melakukan tindakan- tindakan yang bersifat bercanda. 
Temuan  di luar kelas

        Kami tidak hanya mengobservasi para siswa hanya di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas. Seperti pada saat pelajaran olahraga, ekstra kurikuler pramuka, dan juga pada waktu istirahat. Pada saat olah raga, siswa tampak antusias dan aktif dalam mengikuti pelajaran tersebut. Mereka melakukan dan mengikuti semua instruksi guru dengan baik.Sedangkan pada saat pramuka, banyak dari siswa yang kurang memperhatikan guru di depan pada saat senam berlangsung, terutama siswa yang barisanya terletak di bagian belekang. Mereka berbicara kepada teman yang ada di sebelahnya dan juga sering ditegur oleh beberapa guru yang berada di belakang barisan. Tetapi siswa yang berada di barisan depan bersemangat dan tidak terganggu oleh teman yang ada di belakang. Saat jam istiraht tiba, siswa keluar dari kelas. Mereka diberi waktu istirahat selama 15 menit untuk membeli makanan atau minuman. Karena waktu yang singkat tadi, mereka memanfaatkan dengan waktu tersebut dengan sebaik-baiknya. Ada juga sebagian dari siswa yang membawa bekal dari rumah.
Temuan dari Observasi Lingkungan Sekolah 
          Secara umum, SD Menteng Atas 02 mempunyai lingkungan yang mendukung untuk berlangsungnya KBM. Penataan lingkungan sekolah, seperti kantin, parkir dan penjual makanan kecil sudah diatur sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu proses KBM. Pembagian ruangan juga suddah disesuaikan dengan jumlah siswa. Sebagai contoh, kelas 2 dijadwalkan untuk masuk pukul 09.30 setiap harinya karena bergantian ruang kelas dengan kelas 1. Cara ini dilakukan untuk menghindari tabrakan jadwal.
          Selanjutnya, tata tertib di SD Menteng Atas pagi sudah dijalankan dengan baik oleh warga sekolah (guru, staff, murid). Sebagai contoh, jam pelajaran yang dijadwalkan mulai pukul 06.30 suadh bisa dipenuhi oleh siswa dan guru. Peraturan memakai seragam sesuai dengan hari juga sudah dilaksanakn dengan baik. Dan selama kami melakukan observasi disana, kami tidak menemui murid yang dihukum karena melanggar tata tertib.
          Selain itu, siswa juga mendapat beberapa fasilitas yang sudah disediakan sekolah, diantaranya: lapangan upacara, lapangan voly, tempat bermain, UKS, dan perpustakaan. Lapangan upacara selain digunakan untuk upacara hari senin juga digunakan untuk pelajaran olah raga, semisal praktek lari dan senam bersama setiap hari rabu (satu komplek SD Raharjo).
         Sisi lain yang menarik dari SD Menteng Atas 02 yaitu kegiatan ekstra kurikuler (Ekskul). Ekskul yang diselenggarakan ada 3, yaitu: Pramuka, Menari, dan Musik. Meskipun cuma ada 3 Ekskul, tapi mereka mempunyai kelebihan di ke-3 kegiatan tersebut. Ekskul pramuka dilaksanakn setiap hari rabu senelum pelajaran, sekitar pukul 07.00 – 07.00. SD Menteng Atas 02 juga telah memenangkan beberapa kejuaraan menari, terbukti dengan beberapa trophy yang telah mereka dapatkan. Sedangkan di ekskul musik, siswa terlihat begitu mahir memainkan alat-alat musik. Terlihat ketika upacara bendera, grup paduan suara diiringi oleh iringan musik ketika melantunkan lagu-lagu kebangsaan.  
        Semoga pengalaman itu akan menjadikanku sebagai guru yang baik buat murid-muridku kelak. amien

SHARE ON:

Hello guys, I'm Tien Tran, a freelance web designer and Wordpress nerd. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae.

    Blogger Comment

0 comments:

Posting Komentar