Apa sieeh PBL itu ?

Selama ini masalah yang sering dialami murid ketika belajar di kelas adalah kebosanan. Tugas seorang guru sekarang adalah bagaimana kiat-kiat atau metode yang guru pakai bisa membangkitkan minat siswa.
Untuk saat ini kyaknya sudah tidak zamanya lagi kalau guru hanya datang, membacakan buku panduan siswa (menerangkan), keluar kelas. Kalau kita perhatikan, dimana tugas seorang murid? apakah cukup dengan mendengarkan? jawabanya sulit.
Di sini aku ingin berbagi sebuah metode pembelajaran yang mungkin akan berguna bagi guru-guru Indonesia. Namanya adalah PBL (Problem Based Learning), sebuah pembelajaran yang menuntut keaktifan siswa ketika berada di kelas. Karena sumber yang digunakan adalah masalah yang berada di dunia real. Tugas seorang guru dikelas bukan lagi sebagai pusat sumber, tapi hanya sebagai fasilitator ketika siswa mulai merasa kebingungan.

beberapa karakteristik PBL :
1. Memulai pembelajaran dengan suatu masalah, bisa dengan memberi pertanyaan ke siswa.
2. Pembelajaran lebih difokuskan pada masalah.
3. siswa belajar dan bekerja dengan didasarkan pada kemampuan untuk memecahkan masalah.
4. Masalah di kehidupan sebenarnya.
5. Dari masalah, siswa akan mencari sumber-sumber yang lainya.
6. Biasanya siswa bekerja dalam kelompok.

Dengan PBL diharapkan pembelajaran lebih menyenangkan, menantang, dan lebih mengena (bukan berarti metode yang lain tidak).
semoga bisa jadi inspirasi bagi guru Indonesia. Amien

SHARE ON:

Hello guys, I'm Tien Tran, a freelance web designer and Wordpress nerd. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae.

    Blogger Comment

0 comments:

Posting Komentar