3 Cara Tuhan Menjawab Do'amu

Sumber: sigli-cyber.blogspot.com
Bagi kita yang mengakui beriman kepada Tuhan, berdoa merupakan satu kewajiban. Dengan berdoa, secara tidak langsung, kita mengakui bahwa kita hanyalah makhluk yang lemah. Dan sekaligus mengakui kebesaran penguasa makhluk.

Namun tidak lah dipungkiri apabila do'a yang kita panjatkan tidak segera terkabul, ada semacam perasaan sedih atau bahkan kecewa. Manusiawi sekali. Dan melalui tulisan ini, mari kita lihat lagi apakah benar Tuhan tidak mengabulkan permohonan kita?

Tuhan menjawab do'a kita dalam salah satu dari tiga jawaban: Ya, Tidak, dan Tunggu.

Ya, Aku penuhi permintaanmu
Bentuk jawaban pertama dari do'a kita adalah Ya. Tuhan mengijabah do'a, memenuhi apa yang kita minta. Apabila kita meminta diberi kesehatan, diberikanlah kita kesehatan. Meminta umur panjang? Diberilah umur yang panjang. Begitu juga dengan permintaan yang lain. Nah.. Kalau sudah diijabah sesuai dengan 'request' kita, jangan sampai lupa bersyukurnya ya!

Tidak, Aku ganti dengan yang lebih baik 
Bentuk jawaban yang kedua adalah Tidak. Eits tunggu dulu... Meskipun jawaban do'a kita tidak, bukan berarti Tuhan tidak mendengarkan permohonan kita.

Tuhan adalah Dzat Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Dia tidak mau menyengsarakan makhluk ciptaanya. Jadi, apabila kita memohon sesuatu, tapi kedepannya berakibat buruk, Tuhan akan dengan bijak mengganti permintaan kita dengan sesuatu yang lebih baik.

Contohnya kita begitu suka dengan seseorang, hingga kita berharap ingin menjadi suami/ istri orang tersebut. Siang malam kita berdo'a agar bisa menjadi pasangan hidup orang tadi. Akan tetapi, sekali lagi, Tuhan Maha Tahu atas apa yang akan terjadi. Apabila Tuhan tidak merestui hubungan kita dengan orang yang kita kagumi, mustahil bisa bersatu dengan dia. Sebagai gantinya, Tuhan sudah mempersiapkan yang lebih baik lagi.

Jadi, saat kamu berfikir Tuhan tidak memenuhi inginmu, jangan lekas marah ke Tuhan. Bisa jadi ini adalah rahasia terbaik-Nya ke kita.

Tunggu, Aku akan memberikan yang terbaik
Tuhan Yang Maha Esa sudah berjanji akan memenuhi setiap do'a yang kita panjatkan kepada-Nya. Selain dua bentuk jawaban di atas, terkadang Tuhan juga meminta kita untuk menunggu. Apabila Dia meminta kita untuk menunggu, sudah pasti ada hubungannya dengan masalah waktu. Jangan-jangan kalau dikabulkan sekarang kita belum siap... kurang lebih seperti itulah pertimbangan Tuhan.

Terkadang memang kita harus bersabar menunggu permintaan kita terkabul. Menunggu yang terbaik datang di saat yang tepat.

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang mendoa apabila ia berdoa kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (QS. Al-Baqarah : 186)


SHARE ON:

Hello guys, I'm Tien Tran, a freelance web designer and Wordpress nerd. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae.

    Blogger Comment

0 comments:

Posting Komentar