Adik: Kakak, Kalau Mau Makan Berdo'a Dulu Dong...

Di sebuah restauran makanan cepat saji, ada satu keluarga yang sedang menunggu pesanan makanan mereka  datang. Mereka datang berlima. Ayah, Ibu dan tiga anaknya. Dua anak perempuan, Ana dan Desty, serta adik laki-laki yang baru berusia 6 tahun. Sambil menunggu, Si anak laki-laki terlibat obrolan kecil dengan ibunya.

Ibu: Adik... kemarin di sekolah belajar apa sama Bu Guru?
Adik: Diajalin beldoa kalau mau makan, Bu.
Ibu: Wah... adik udah bisa belum?
Adik: Udah dong... adik kan pintel. Coba ya... bismillahillahmanillahim... Allahumma baliklana...

Belum selesai Si anak tadi membaca do'a, pesanan mereka sudah datang. Pramusaji meletakkan makanan yang sudah dipesan di atas meja, sehingga siap untuk disantap.

Ana: Yey...
Desty: Asyiiik... mari santap!

Wajah Ana dan Desty terlihat langsung sumringah karena makanan pesanan mereka sudah datang. Keharuman masakan kesukaan mereka itu begitu menggoda penciuman.Di samping makanan pesanan, ada minuman yang juga merupakan favorit mereka. Melihat makanan yang sudah siap, Ana dan Desty tetiba saling bertatap muka. Sepertinya mereka mempunyai pikiran yang sama. Tangan mereka seperti mengambil sesuatu dari balik saku masing-masing, sebelum akhirnya suara Ibu memotong.

Ibu: Eits... tunggu dulu! Sebelum makan, Adik pimpin kita berdo'a ya.
Adik: Oke! Semuanya ikutin ya... Bismillahillahmanillahim... Allahumma...

Suara Si Adik berhenti sebelum lafadz do'a sempurna selesai. Saat ayah dan ibunya menunduk berdo'a, dia melihat dua kakak perempuanya malah sibuk melakukan hal lain.

Ibu: Koq berhenti kenapa sayang?
Adik: Kakak gak ikutan beldoa ma.
Ana dan Desty: Ikutan koq...
Adik: Telus kenapa pegang-pegang hape dali tadi? Kenapa sibuk poto poto makanannya? Kan kata Bu Gulu, kalau mau makan halus beldoa dulu. Bu Gulu ga pelnah ngajalin adik poto poto makanan.


Sebelum terjadi gontok-gontokan, Ibu menengahi keributan kecil yang dibuat anaknya. Kemudian membujuk anak laki-lakinya agar mau membaca do'a sebelum makan lagi.

Adik: Allahumma baliklana... Ah! Ga mau ah! Kakak, kalau mau makan beldo'a dulu dong...

Melihat kedua kakaknya yang lagi-lagi sibuk dengan hape, Si Adik kembali tidak menuntaskan do'anya. Anak itu ngambek karena merasa apa yang diucapkannya tidak diikuti. Sementara itu Ayah yang tahu apa yang sedang dilakukan dua anak perempuannya itu langsung angkat bicara.
  
Ayah: Ana, Desty, hapenya ditaruh dulu! Fesbuk, Twitter, Instagram, Path, BBM, apapun itu, ditutup dulu lah. Sebelum makan kita berdo'a dulu ya, Nak. Tidak penting orang lain tahu selezat atau semewah apa yang kita makan. Kita berdo'a dulu ya, sayang. Semoga Allah berkenan memberikan berkah kepada apa yang hendak masuk ke dalam tubuh kita ini.

Adik kembali memimpin keluarga itu untuk berdo'a. Tidak seperti sebelumnya, kini dia melafalkan do'a sebelum makan sampai tuntas


 

SHARE ON:

Hello guys, I'm Tien Tran, a freelance web designer and Wordpress nerd. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae.

    Blogger Comment

0 comments:

Posting Komentar